Menu

Thursday, August 30, 2018

Soal-soal Pengayaan 9

Selesaikanlah soal-soal berikut ini.
  1. Selembar kaca bergentuk persegi panjang mempunyai luas dan kelilingnya 460 cm. Tentukan panjang diagonalnya.
  2. Sebuah persegi panjang mempunyai luas 90. Jika diagonal dan sisinya bersama-sama sama dengan 2 kali sisi yang lainnya. Tentukan ukuran persegi panjang tersebut.
  3. Sebuah bidangn berbentuk segitiga dengan ukuran 525 cm, 500 cm, dan 725 cm dicat. Jika harga pengecatan Rp10.000,00 tiap meter persegi, tentukan biaya pengecatan tersebut.
  4. Luas segitiga siku-siku adalah dan panjang hipotenusanya 29 cm. Tentukan panjang sisi siku-sikunya.
  5. Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 5 cm. Jika jar-jarinya bertambah menjadi 8 cm, maka berapa persen pertambahan luasnya
  6. Jika sisi-sisi suatu segitiga menjadi dua kali (double), maka berapa persen pertambahan luasnya.
  7. Diketahui segitiga ABC, dengan AB = 15 cm, BC = 13 cm, dan AC = 14 cm. Dengan titik-titik A, B, dan C dibuat lingkaran yang saling bersinggungan. Tentukan semua jari-jari lingkarannya.
  8. Diberikan tiga utas kawat yang masing-masing berukuran 12 cm. Kemudian dari kawat tersebut dibuat persegi, segitiga sama sisi, dan lingkaran. Manakah luas bidang terbesar dari bidang yang terbentuk tersebut?
  9. Pada segitiga ABC siku-siku di B dengan AB = 12 cm dan BC = 16 cm dibuat lingkaran dalamnya. Berapakah panjang jari-jari lingkaran dalam tersebut?
  10. Diberikan segitiga ABC siku-siku di C dengan dan BC = 6 . Titik O dipilih secara acak di dalam segitiga tersebut. Perpanjangan BO memotong AC di D. Berapakah peluang ?

No comments:

Post a Comment

ppdb 2019